Bar vs Candlestick Chart

Dibawah ini adalah data selama tiga bulan Bar Chart dan Candlestick Chart untuk harga saham IBM. Perhatikan kedua grafik tersebut apakah ada perbedaaan atas data yang disampaikan.

Susah mungkin untuk meninjukan perbedaannya, itu karena memang tidak ada perbedaan. Keduannya bar chart dan candlestick chart tepatnya sama-sama mengandung informasi yang sama, hanya saja disajikan dalam bentuk yang berbeda. Keduanya bar chart dan candlestick chart mengandung data yang sama, harga tertinggi dalam periode tertentu (daily), harga terendah, harga pembukaan, harga penutup.

Di dalam candlestick chart, namanya saja yang dirubah. Perbedaan diantara harga open dan harga penutup disebut ‘real body’. Adapun harga yang berada lebih tinggi dari body disebut ‘upper shadow’ sedang yang lebih rendah disebut ‘lower shadow’. Jika Candle nya terang atau putih itu berarti harga pembukaan lebih rendah dari pada harga tertinggi dalam periode tersebut. Jika candle berwarna gelap bearti harga bergerak turun. Sebagaimana gambar di bawah ini.

Optimisme dan Pesimisme Pasar Ditunjukan oleh Candle

Pada umumnya kita tahu bahwa pada saat pembukaan maka harga biasanya didominasi oleh amatir trader atau trader pemula. Di lain sisi harga penutupan didominasi oleh trader profesional. Harga terendah mungkin bisa dikatakan kalau harga itu dibentuk oleh para trader yang pesimis, mereka percaya bahwa pasar mungkin akan turun lebih jauh dan melakukan posisi jual di dasar/ bottom. Harga tertinggi dibentuk oleh pesimistis. Mereka membayar pada harga puncak tetapi mereka tidak benar dalam analysis mereka, setidaknya dalam jangka waktu yang pendek.

Para pengguna candlestick mungkin mengerti dengan gabungan konsep ini. Disini akan diberi satu contoh, tetapi anda bisa bereksperimen lebih jauh dengan ide anda sendiri.

Shaven Bottom/ Shaven Head. Shaven Bottom/ Shaven Head melukiskan periode dimana harga dibuka di bawah dan ditutup diatas. Suatu periode dimana para amatir juga pesimistis. Mereka menjual di awal seketika itu mereka dilahap oleh pembeli yang rakus. Dan diakhir periode trader yang optimis dan profesional menutup dengan tajam pada harga yang lebih tinggi. Dan candlestick bullish ini seringkali bisa memprediksi harga pembukaan untuk periode selanjunya.

Kelebihan candlestick chart dibanding dengan bar chart

Ada tiga kelebihan utama dari candlestick chart dibandingkan dengan bar chart.

1. Candlestick chart lebih visual dari pada bar chart (visually immediate). Coba sesekali anda gunakan candle chart, maka lebih mudah untuk melihat apa yang terjadi selama periode tersebut, sehari, seminggu, sejam atau semenit.

Dengan bar chart kita butuh mental yang cukup untuk melakukan eksekusi harga. Kita perlu menyebutkan kepada diri kita sendiri, ‘’ tick sebelah kiri menyebutkan dimana harga dibuka, tick sebelah kanan menyebutkan dimana dimana harga ditutup. Sekarang aku mengerti itu periode naik.” Dengan candlestick chart dia melakukan semuanya ke anda. Anda dapat menggunakan energi unutk menganalisa, tidak untuk menggambarkan apa yang terjadi dengan harga.

2. Dengan candle anda dapat melihat tren lebih cepat dengan mencari apakah candle itu terang atau berwarna. Dalam periode tren kita dapat menjelaskan dengan spesifik mengenai harga yang terbentuk.

Candle membuat itu lebih mudah meliat range harga yang lebar selama sehari. Candlestick yang lebar menunjukan sesuatu yang dramatis terjadi pada harga. Sedangkan range harga yang sempit menunjukan mungkin hanya ada sedikit kesepakatan mengenai harga.

3. Yang paling penting, candlestick sangat vital untuk menunjukan pergerakan pasar yang berbalik arah. Ini biasa terjadi dalam jangka waktu yang pendek, untuk lebih tepatnya silahkan anda cari sendiri hal tersebut saat anda trading.

Ketika teknik tradisional mengatakan tentang pembalikan, biasanya hal itu berhubungan dengan pola yang terjadi sepanjang periode waktu tertentu. Tipikal pola pembalikan adalah double top serta head and shoulders. Sebagai definisi, hal ini melibatkan distribusi uang yang pintar atas harga kepada naive trader dan normal terjadi dalam beberapa minggu atau bulan.

Candlestick secara akurat mampu menggambarkan perubahan dalam sebuah tren dimana terjadi pada akhir dari masing masing swing dalam periode jangka pendek. Jika anda dengan teliti memperhatikan seringkali candlestick memberikan sinyal kepada anda mengenai perubahan yang sedang terjadi.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment